Jumat, 20 Januari 2012

TENTANG BLOGGER

Pengertian Blog

Blogging/nge-blog adalah aktivitas memperbaharui, termasuk di dalamnya mengerang sebuah blog, memperbaharui, memodifikasi hingga mempublikasikannya. Lantas, apa pengertian dari blog itu sendiri?
Istilah blog merupakan singkatan dari weblog atau web log. Blog adalah sebuah tulisan atau jurnal yang dibuat pada halaman web. Pada awalnya, blog hanyalah sebuah jurnal web atau diary online yang digunakan seseorang untuk menulis dan menyampaikan opininya.
Sebuah blog umumnya adalah kumpulan tulisan pada web yang tersusun berdasarkan kronologis, di mana (tidak selalu) tulisan teratas adalah tulisan terbaru dan disusul oleh tulisan sebelumnya di bawahnya. Nah, segala aktivitas yang terlibat di dalamnya itulah yang disebut blogging, alias nge-blog.

Saat sekarang, aktivitas blogging menjadi sangat luas dan sangat modern. Fungsinya pun sangat banyak. Ada yang menggunakan blog untuk menyalurkan hobi menulis, mengeluarkan pendapat, promosi, lahan bisnis, kampanye, sosialisasi dan banyak lagi. Tapi masih banyak juga blogger yang masih ‘stick’ atau tetap nge-blog seperti awal mula hadirnya blog, yaitu sebagai sebuah jurnal pribadi tempat untuk menngeluarkan opini dan pendapat terhadap berbagai topik. Namanya juga jurnal/diary, jadi isinya ya terserah dari si blogger.

Sejarah Blog

Bentuk pertama blogging dimulai dari sebuah diary sederhana, dimulai saat Bruce Ableson merilis Open Diary pada Oktober 1998. Open Diary adalah sebuah aplikasi dimana penggunanya dapar membuat sebuah tulisan/blog dan memperbolehkan pembacanya untuk memberikan komentar.
Sebagian besar orang percaya bahwa media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com. Namun sebenarnya konsep awal fitur software untuk blogging diciptakan oleh Brad Fitzpatrick, yaitu LiveJournal. Software blogging pertama ini muncul dengan fitur yang lebih cangging dengan fitur seperti jejak pendapat online atau polling.
Kemudian duet Evan Williams and Meg Hourihan dari PyraLab merilis Blogger.com pada Agustus 1999, yang akhirnya diakuisisi oleh Google pada tahun 2003. Setelah itu, Blogger meluas dan berubah menjadi software blogging yang paling banyak digunakan di dunia. Mungkin sebabnya karena Blogger telah ditangani oleh penguasa dunia maya, Google :D . Blogger memang mendunia. Selain gratis, Blogger juga memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk mendapatkan penghasilan (monetasi) yang melimpah. Itulah sebabnya saat ini banyak yang disebut blogger matre, :D .
Setelah itu bermunculan berbagai software blogging lainnya, menyusul kesuksesan Blogger. Salah satunya yang tak kalah populer adalah WordPress. WordPress adalah sebuah opensource (software gratisan) yang diciptakan oleh Matt Mullenweg.
WordPress hadir pada tahun 2003 dengan sebuah kode sederhana untuk mendukung struktur tulisan/posting (tipografi) dari penulisan sehari-hari. Mungkin saat itu penggunanya bisa dihitung dengan jari, karena Blogger telah populer. Tapi lain dulu, lain pula sekarang. WordPress yang sekarang juga telah berubah menjadi sebuah software blog self-hosting terbesar di dunia. Software ini digunakan oleh jutaan situs dan dikunjungi oleh puluhan juta orang setiap harinya.

Dari sebuah jurnal online sederhana, pengertian blog kini telah berubah menjadi sebuah mesin dengan berbagai fungsi. Ribuan fitur dan berbagai inovasi lainnya juga hadir untuk mendukung aktivitas blogging saat ini. Belum lagi berbagai perubahan dari bentuk, kecanggihan, serta publikasi sebuah tulisan yang menjadi sangat mudah dan cepat.
Blog saat ini bisa menjadi sebuah media pertama untuk menyebarkan infirmasi dan berita, bahkan dapat dilengkapi dengan informasi tambahan berupa gambar dan video/audio. Ya, blog saat ini memang telah menjadi jalur utama untuk berbagi banyak informasi dan berita, bahkan dijadikan sebagai lahan untuk menghasilkan keuntungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar